Subscribe Us

Header Ads

Suzuki Address, Potensi Yang Terlupakan


Persaingan sepeda motor jenis skuter matik di Indonesia selama beberapa tahun terakhir didominasi oleh Honda dan Yamaha. Di kelas mesin di bawah 125ccc Honda begitu dominan dengan model Beat-nya yang setiap tahun rata-rata terjual sekitar dari 850 ribu unit, disusul Scoopy dengan rata-rata penjualan setaip tahun 250 ribu unit sedangkan Yamaha hanya mampu mengekor lewat Mio M3 dengan penjualan sekitar 140 ribu unit setahun. Jika dilihat secara keseluruhan market share sepeda motor bermesin <125cc menguasai sekitar 25% dari total penjualan sepeda motor di Indonesia. Ini artinya segmen sepeda motor di kelas ini sebenarya cukup menarik dan potensial mengingat mayoritas masyarakat Indonesia lebih mencari motor dengan cc yang tidak terlalu besar karena harga terjangkau, perawatan yang relatif mudah dan murah, irit bahan bakar, dan pajak yang rendah. Sayangnya dominasi Honda terlalu mencolok di kelas ini yang membuat seakan-akan merek lain tak punya “amunisi” bagus untuk melawannya, terutama Suzuki yang penjualannya belum bisa kembali pulih seperti di era 2000an meskipun perlahan mulai bangkit.


Suzuki sebenarnya mempunyai dua model yang cukup potensial untuk bermain di kelas ini, yaitu Next II dan Address. Suzuki Address sebenarya sangat menarik karena punya sejumlah keunggulan yang tidak dimiliki oleh model lain di kelas ini, yaitu bagasi yang ekstra luas sebesar 20,5 liter dan tangki bahan bakar 5,2 liter. Satu-satunya lawan yang sepadan yaitu Honda Spacy telah disuntik mati oleh Honda. Jujur sebenarnya Honda Spacy dan Suzuki Address adalah 2 model yang paling menarik dan memiliki fungsionalitas tinggi dibandingnkan model lain di kelas ini. Sayangnya pasar Indonesia kurang menyukainya atau karena marketingnya kurang menarik? Memang jika dilihat keduanya cenderung memiliki bahasa desain yang lebih elegan dan membulat sehingga terlihat kurang sporty dan “anak muda look” seperti kebanyakan model di kelas ini. Tetapi sebenarnya Suzuki masih punya Suzuki Address versi ekspor yang modelnya cukup sporty namun tetap elegan. Saya agak heran kenapa Suzuki tidak menjual Address lokal sperti versi ekspornya? Apakah hitung-hitungan harganya kurang sesuai? Saya rasa tidak juga mengingat fitur versi lokal dan ekspor tidak terlalu berbeda jauh dan build qulitynya juga serupa sehingga seharusnya harganya tidak akan terpaut jauh. Tapi entahlah saya juga kurang paham.


Yang menjadi perbedaan yang paling terlihat antara Suzuki Address versi lokal dan ekspor adalah penempatan lampu sein belakang model terpisah seperti motor sport, penggunaan ban tubeless, tambahan reflektor samping (untuk beberapa negara), serta behel belakang yang sudah ready untuk dudukan bracket top box seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.





Menurut saya Suzuki Address versi ekspor ini seharusnya bahkan mampu bersaing dengan Vario 125 dengan sejumlah tambahan fitur seperti charger, side stand switch dan lampu depan serta belakang LED. Lampu LEDnya tak harus model terintegrasi dengan reflektor seperti di beberapa motor lain, cukup tambahan LED aftermarket seperti merek Osram/Philips dengan model kaki M5 kaki 1 yang hrganya lebih terjangkau sehingga tidak terlalu membebankan harga jual dan mudah & murah untuk diganti jika lampu LEDnya mati.


Saya rasa dengan menjual Suzuki Address lokal seperti versi ekspor ditambah beberapa fitur tersebut serta strategi marketing yang tepat Suzuki Address akan mampu berbicara banyak di pasar sepeda motor tanah air. Kenaikan harga mungkin bisa dilakukan sepanjang masih di bawah 18 juta saya rasa masih cukup worth it (harga OTR saat ini 15,3-15,7 juta untuk Jabodetabek).


Saya tidak ingin Suzuki Address sebagai satu-satunya motor matik entry level yang berbagasi helm-in dan tangki bahan bakar besar yang tersisa bernasib seperti Honda Spacy yang sangat saya sayangkan harus disuntik mati oleh Honda. Semoga penjualan Suzuki pada umumnya dan Address khususnya dapat lebih baik lagi kedepannya.




 
  


Gambar diambil dari: https://www.motorcyclesrus.com.au/shop/bikes/new-bikes/suzuki-address-110-2019/

Post a Comment

0 Comments